IOV Indonesia Youth Section

We travel around the globe spread the beauty of equator emerald

Minggu, 29 Agustus 2010

Promosi Budaya Indonesia T-Ta Universitas Paramadina di Polandia


Kelompok seniman T-Ta asal Universitas Paramadina setelah mengikuti “10th World Folk Review Integration 2010” di kota Poznan beberapa waktu yang lalu, kini kembali tampil untuk mempromosikan budaya Indonesia di Warsawa dan sekitarnya pada “6th Warsfolk International Folk Festival 2010” .

Penyelenggaraan “6th Warsfolk International Folk Festival 2010” berlangsung mulai 19 s/d 22 Agustus 2010 pada berbagai tempat di kota Warsawa dan sekitarnya. Peserta kegiatan festival tersebut diikuti dari beberapa negara seperti Argentina, Ceko, Yunani, Indonesia, Rusia, Begia, Albania, dan Polandia sebagai tuan rumah.

Pada hari pertama kegiatan Warsfolk Festival (19/8) Tim kesenian Indonesia mengikuti festival parade dengan menggunakan kostum tari dari daerah Sumatera. Mereka berkeliling mulai dari Rynek Nowego Miasta, Rynek Starego Miasta, dan terakhir di Plac Zamkowy.

Kegiatan dilanjutkan menuju Amphitheatre di Sowinski Park untuk mengikuti pentas budaya berupa pertunjukan seni tari maupun musik tradisional dari masing-masing negara yang berpartisipasi. T-ta Universitas Paramadina menampilkan 3 buah tarian dari daerah Sumatera yaitu Tari Gelombang, Tari Rantak dan Tari Zapin. Semua tarian ini diiringi pemusik tradisional secara langsung.

Ketika penampilan Tari Zapin dipentaskan, pengunjung yang hadir sangat menikmati gerakan Tari Zapin yang dibawakan penari-penari wanita dengan alunan musik dan lagu-lagu dari Melayu yang didendangkan oleh Bapak Muhammad Usman. Tepuk tangan dari pengunjungpun tak henti-hentinya disampaikan untuk T-Ta Paramadina.

”Meskipun kami puasa, kami tetap semangat membawakan semua tarian”, ujar Safrini Malahayati yang akrab disapa dengan Shafa. Selain sebagai Koreografer pada kelompok T-Ta Paramadina, Shafa juga turut dalam kelompok tersebut untuk menari Zapin. Selama dua bulan kami mempersiapkan latihan tari yang akan dipertunjukan di Polandia, demikian menurut Shafa.

Tim kesenian T-Ta Paramadina akan menggelar tarian dari daerah lainnya pada esok hari hingga tanggal 22 Agustus 2010 di berbagai tempat yang telah ditetapkan panitia penyelenggara. Adapun tarian yang akan dipentaskan yakni dari Betawi seperti Kecimpringan, Nandak Ganjen, Topeng Betawi. Kemudian Tari Bali seperti Belibis, Pendet. Tari Gantar dari Kalimantan. Tari Seudati dan Saman juga akan disuguhkan oleh kelompok ini.
(Sumber:KBRI Warsawa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar