IOV Indonesia Youth Section

We travel around the globe spread the beauty of equator emerald

Senin, 29 November 2010

Pemuda Indonesia Promosikan Wayang di Konferensi Internasional

Beijing (02/11/2010)—Setiawaty Nur Alami, Muhammad Banda Arya, Gilang Aditya Lestari dan Andris Adhitra menjadi wakil pemuda Indonesia dalam The 2nd IOV International Youth Conference yang diadakan tanggal 21-25 Oktober 2010 di Nanjing, RRT.

Konferensi dihadiri sekitar 200 pemuda dari seluruh dunia yang merupakan perwakilan dari Universitas dan lembaga internasional, termasuk pemakalah dan pakar di bidang kebudayaan. Tema yang diangkat tahun ini adalah The Role of Youth in Safeguarding the Intangible Cultural Heritage in Cities and Towns.

Selama lima hari para peserta menyampaikan makalah dan memaparkan masalah mengenai kebudayaan dan perkembangannya di kalangan anak muda di negara masing-masing. Pada kesempatan tersebut, delegasi Indonesia menyampaikan paparan mengenai Wayang sebagai salah satu Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of the World yang telah dideklarasikan oleh UNESCO pada tahun 2003 dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan. Di samping itu, peserta juga mendapat kesempatan untuk mengunjungi pusat kebudayaan di kota Nanjing.

Konferensi pemuda ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2008 di Bountiful, Amerika Serikat. IOV (International Organisation Volkenfurst) adalah lembaga non-pemerintahan yang bergerak di bidang pelestarian segala bentuk kebudayaan dan warisan luhur budaya dunia. Berkantor pusat di Andorf, Austria, sejak didirikan IOV pada tahun 1979 telah memiliki perwakilan di lebih dari 84 negara di dunia, termasuk Indonesia, dan secara aktif melaksanakan upaya pendokumentasian, pencatatan dan pelestarian segala bentuk kebudayaan.

(sebagaimana dilaporkan oleh Andris Adhitra, IOV Indonesia Youth Section)

1 komentar:

  1. wow :)
    pemuda indonesia
    setelah 2008 akhirnya 2010 :)


    http://blog.rajalagu.com/

    BalasHapus