IOV Indonesia Youth Section

We travel around the globe spread the beauty of equator emerald

Rabu, 16 Maret 2011

KUNJUNGAN MURID-MURID SDN MENTENG 01 KE KEDIAMAN DUTA BESAR TURKI DI JAKARTA

Edited:16/3/11
KUNJUNGAN MURID-MURID SDN MENTENG 01 KE KEDIAMAN DUTA BESAR TURKI DI JAKARTA

Senin, 15 Maret 2011. Sebanyak 16 murid-murid SDN Menteng 01, Jakarta beraudiensi di kediaman Duta Besar Turki di Jakarta. Kunjungan ini dalam rangka keikutsertaan SDN Menteng 01 dalam International Children Folk Dance di Eskisehir, Turki pada tanggal 19–26 April mendatang. Rombongan yang didampingi kepala sekolah, guru dan orang tua murid disambut dengan penuh kehangatan oleh Mrs. Murat Adali (istri duta besar Turki) dan Mr Firat Sirma (Sekretaris Kedua Kedutaan Turki).

SDN Menteng 01, Jakarta terpilih oleh International Organization of Folk Art (IOV) sebagai salah satu delegasi dari Indonesia untuk membawa misi kebudayaan dengan tema “Promoting Unique diversity of Indonesian culture and tourism pada festival anak-anak Internasional di Turki. Dalam kesempatan tersebut, akan ditampilkan serangkaian tari tradisional, seperti tari Saman dari Aceh, tari Selampit dari Jambi, dan beberapa tari kreasi baru dari Papua dan Kalimantan (Dayak). Selain tampil di ajang festival, murid-murid SDN Menteng 01, Jakarta, anggota delegasi, akan berkesempatan melakukan pertukaran budaya dengan murid-murid sekolah dasar di sana.

Festival akan berlangsung selama empat hari di sebuah kota bernama Eskisehir, sekitar 4 jam dari Istanbul. Cafgen College akan menjadi tuan rumah International Children Festival yang diselenggarakan setiap tahun untuk memperingati hari anak-anak Turki yang jatuh pada tanggal 23 April. Pengiriman delegasi budaya ke Turki merupakan prakarsa para orang tua murid dan didukung sepenuhnya oleh sekolah.

Pada kesempatan kunjungan ke kediamannya tersebut, Mrs. Murat Adali menyampaikan rasa senang dan bangga terhadap murid-murid SDN Menteng 01, Jakarta. Menurut beliau, tidak semua anak bisa mendapatkan kesempatan untuk memperoleh pengalaman berharga seperti ini. Memperkenalkan budaya negaranya, sekaligus mempelajari kebudayaan negara lain yang berbeda, di usia yang masih sangat muda.

Diharapkan pengalaman tersebut dapat membuka wawasan dan menumbuhkan penghargaan anak-anak terhadap keanekaragaman budaya dunia, sehingga tertanam sikap saling menghormati antar bangsa di hati mereka sejak dini.

Tak hanya berdiskusi mengenai kegiatan festival, Mrs. Murat Adali juga mempromosikan Turki sebagai bangsa yang memiliki kebudayaan unik, perpaduan Eropa dan Asia. Disebutkannya, Turki juga memiliki obyek-obyek wisata budaya yang menarik wisatawan mancanegara, termasuk Indonesia. (RD/EM/Bes/2011)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar