IOV Indonesia Youth Section

We travel around the globe spread the beauty of equator emerald

Kamis, 10 Mei 2012

INDONESIA STUDENT FOLKLORE FESTIVAL 2012

INDONESIA STUDENT FOLKLORE FESTIVAL 2012
Tak heran jika remaja Indonesia saat ini lebih gandrung dengan musik hip hop atau shuffle dance yang sedang marak, namun ratusan pelajar dan mahasiswa Indonesia ini secara membanggakan mengembangkan kecintaan mereka pada musik dan tari tradisional Indonesia. Untuk pertama kalinya Indonesia Student Folklore Festival (ISFF) atau Festival Kesenian Rakyat Pelajar digelar. Indonesia Student Folklore Festival menjadi ajang pembuktian tentang betapa pedulinya generasi muda Indonesia dalam mempelajari keindahan dan keberagaman budaya Indonesia. Grup grup kesenian ini kemudian akan membawakan keindahan tari dan musik tradisi ini dalam festival festival budaya dan kesenian rakyat Internasional di berbagai negara diantaranya, Jepang, Amerika Serikat, Spanyol, Portugal, Belgia, Perancis, Italia, Jerman, Abu Dhabi dan Cina. ISFF kali ini sukses menghadirkan 283 penampil yang terdiri dari penari dan pemusik yang kesemuanya adalah pelajar dan mahasiswa, sajian tarian dan musik dibesut oleh penata tari dan musik profesional dari berbagai instansi dan universitas, kegiatan ini juga dibantu oleh mahasiswa dan pelajar yang menjadi sukarelawan dalam persiapan kegiatan. Pertunjukan digelar dalam dua sesi, sesi pertama dimulai pukul 16.00 WIB, khusus untuk pelajar dan mahasiswa, dan pukul 20.00 WIB untuk undangan, korps diplomatik, pers dan umum. Acara ini dihadiri kurang lebih 600 penonton dari berbagai instansi dan kalangan.
Digagas oleh IOV Indonesia Youth Section, IOV (International Organization Volkenvust / Folk Art). Sebuah LSM yang berada di seluruh dunia bekerja sama dengan UNESCO untuk melestarikan dan mempromosikan warisan luhur budaya dunia. Lebih dari 3.000 ahli di bidang budaya dan perwakilan di 120 negara dengan tujuan utama adalah untuk menjaga warisan budaya tak berwujud dalam segala bentuk dan ekspresi. IOV mengundang anak anak dan para pemuda untuk mengembangkan potensi besar mereka dalam melindungi dan mempromosikan kesenian rakyat, keyakinan ini berawal dari Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa ketika mengumumkan tahun 2010 sebagai Tahun Pemuda Internasional.
Bertempat di Gedung Kesenian , Pasar Baru Jakarta, Sabtu 5 Mei lalu, Indonesia Student Folklore Festival meghadirkan delapan grup kesenian mahasiswa dan pelajar dari berbagai sekolah dan universitas di Indonesia, diantaranya; TTA Universitas Paramadina membuka acara ISFF dengan tarian dari Sumatra Barat dan Bali, Kandarpa Gunita Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti yang membawakan sajian tarian dari jawa tengah dan DKI jakarta, Radha Sarisha Komuintas Tari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia tampil apik dengan tarian dari Sumatra Utara dan DKI Jakarta, TRALIX SMP Islam Al Ikhlas menyajikan keindahan tarian dari Kalimantan Timur dan Nagroe Aceh Darussalam, acara semakin semarak dengan tampilnya Besuki Folk Dance SD 01 Menteng Jakarta dengan tarian dari DKI Jakarta, dilanjutkan dengan SD Islam Al Ikhlas yang juga membawakan tarian dari Nangroe Aceh Darussalam,tak kalah semangat siswa siswi dari AZKAFADA SMA AL AZHAR Kelapa Gading membawakan tarian dari Sumatra Selatan dan Jawa Barat, Bireun Seudati dari Universitas Pelita Harapan menutup semaraknya acara malam itu dengan tarian dari Sumatra Barat.
Kontibutor: ANDRIS ADHITRA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar