IOV Indonesia Youth Section

We travel around the globe spread the beauty of equator emerald

Jumat, 09 November 2012

Grup Tari Universitas Trisakti Unjuk Kebolehan Pada Festival Folkmoot di AS

Grup Tari Universitas Trisakti Unjuk Kebolehan Pada Festival Folkmoot di AS Tari Saman yang ditampilkan dengan apik oleh sekelompok anak muda fakultas kedokteran yang tergabung dalam Kandarpa Gunita, Universitas Trisakti Jakarta, Indonesia dengan apik menutup rangkaian festival FOLKMOOT, yang berlangsung pada Minggu malam, 29 Juli di Waynesville, North Carolina, AS. Penonton yang memadati Stuart terkesima dengan kecepatan gerak, koordinasi, dan alunan pantun dari tarian yang menjadi salah satu warisan non‐bendawi UNESCO tersebut.
Tampilan apik grup ini mendapat pujian khusus dari Direktur Eksekutif FOLKMOOT USA, Karen Babcock, yang menyatakan bahwa Kandarpa Gunita merupakan salah satu tim terbaik dalam sejarah festival. Dengan disiplin dan kualitas penampilan yang luar biasa, tim mampu menyihir publik amerika serikat.
Kandarpa Gunita merupakan sebuah unit kegiatan mahasiswa (UKM) di Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti yang mewadahi mahasiwa dan mahasiswi untuk mempelajari tari dan musik tradisi Indonesia. Dibentuk pada tahun 2009, UKM ini sukses menjadi wakil Indonesia dalam Festival FOLKMOOT yang berlangsung dari tanggal 21‐29 Juli bersama dengan IOV Indonesia YOUTH Section. Kandarpa Gunita mempersiapkan diri selama hampir enam bulan untuk mengikuti event bergengsi ini. Beranggotakan 34 orang, terdiri dari 30 orang mahasiswa, satu orang pelatih tari, pelatih musik, ketua rombongan dan dosen pendamping, Kandarpa Gunita membawakan lima nomor tarian yang diambil dari kebudayaan utama Indonesia, yaitu: Aceh, Melayu, Jawa Tengah, Kalimantan Timur, dan DKI Jakarta. Festival FOLKMOOT USA yang diadakan untuk ke‐28 kalinya pada tahun ini, merupakan festival kesenian rakyat tahunan terbesar di Amerika Serikat, dan salah satu event utama di Amerika bagian Tenggara.   
Tahun ini FOLKMOOT USA mengundang grup kesenian rakyat terbaik dari berbagai negara diantaranya: Selandia Baru, Belgia, Perancis, Serbia, Filipina, Hawai, Peru, dan Puerto Rico. FOLKMOOT USA diselenggaran pada dua minggu terakhir bulan Juli. Sebanyak sepuluh ribu penonton memadati gedung pertunjukan yang digelar di beberapa tempat berbeda di North Carolina.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar