IOV Indonesia Youth Section

We travel around the globe spread the beauty of equator emerald

Senin, 17 Mei 2010

SMP AL-KHLAS MEWAKILI INDONESIA FESTIVAL ANAK INTERNASIONAL


Jakarta, 10/4 (Antara/FINROLL News) - Siswa-siswi SMP Al-Ikhlas Jakarta mewakili Indonesia dalam event Festival Anak Internasional (The 3rd International Children Festival) yang akan diselenggarakan di Fethiye, Turki, pada 21-28 April 2010.

"Kami memfasilitasi pengiriman duta kesenian sebanyak 24 siswa-siswi SMP Al-Ikhlas ke The 3rd International Children Festival di kota Fethiye Turki," kata Sekretaris Dirjen Pemasaran Kemenbudpar Noviendi Makalam di Jakarta, Sabtu.

Para duta kesenian Indonesia yang tampil pertama kali dalam festival tersebut selain akan unjuk kebolehan dengan membawakan lima tarian tradisional dan angklung, juga ikut lomba tari tingkat internasional yang diikuti kelompok tari dari 22 negara seluruh dunia.

"Upaya ini, selain untuk meningkatkan hubungan bilateral RI-Turki sekaligus menanamkan rasa percaya diri kalangan remaja Indonesia dalam event bertaraf dunia itu," kata Noviendi.

Kelima tarian tradisional yang akan dibawakan murid SMP Al-Ikhlas dalam festival itu yakni Tari Pendet (Bali), Tari Piring (Sumbar), Tari Satrio Watang (Jateng), Tari Pukat (Aceh), Tari Kipah (Aceh), serta angklung. Tari Kipah dari Aceh akan dilombakan dalam ajang festival tersebut.

Terpilihnya SMP Al-Ikhlas untuk mewakili Indonesia dalam festival kali ini setelah melalui proses seleksi ketat yang dilakukan oleh Liga Tari Universitas Indonesia.

Menurut Noviendi, pihaknya dalam tahun ini telah memprogramkan kegiatan pendukungan terhadap event kebudayaan antara lain mengirim duta kesenian dalam festival internasional di mancanegara.

"Pengiriman duta kesenian ke festival internasional merupakan bagian dari soft marketing di mana dampaknya sangat signifikan dalam meningkatkan hubungan bilateral serta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman)," kata Noviendi.

Turki sendiri merupakan salah satu negara potensial sumber wisman, khususnya untuk wilayah Eropa Timur.

Mudahnya aksestibilitas penerbangan, yang dilayani oleh penerbangan langsung dengan Turkish Airlines mendorong meningkatnya kunjungan wisman Eropa Timur ke Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar