IOV Indonesia Youth Section

We travel around the globe spread the beauty of equator emerald

Selasa, 06 November 2012

Bireun Seudati Universitas Pelita Harapan mengikuti Festival Kesenian Internasional di Amerika Serikat

(Universitas Pelita Harapan mengikuti Festival Kesenian Internasional di Amerika Serikat) laporan: Andris Adhitra untuk KJRI SAN FRANSICO dan KJRI LOS ANGELES Sekelompok anak muda yang tergabung dalam Bireun Seudati, Universitas Pelita Harapan Jakarta, Indonesia dengan apik menutup rangkaian festival malam itu dengan Tari Saman dari Provinsi Aceh. Segenap penonton yang hadir memadati tempat pertunjukan terkesima dengan kecepantan gerak, koo
rdinasi, dan alunan pantun dari tarian yang menjadi salah satu warisan tak benda UNESCO tersebut. Bireun Seudati merupakan sebuah unit kegiatan mahasiswa di Universitas Pelita Harapan yang mewadahi mahasiwa dan mahasiswi untuk mempelajari tari dan musik tradisi Indonesia. Dibentuk pada tahun 2007, UKM ini sukses mewakili Indonesia dalam International Dance adn Music festival di Rexburg, Idaho bersama dengan IOV Indonesia YOUTH Section, Bireun Seudati mempersiapkan diri selama hampir satu tahun untuk mengikuti even bergengsi ini. Beranggotakan 38 orang, yang terdiri dari penari, pemusik, pelatih dan ketua rombongan, Bireun Seudati membawakan nomor tarian yang diambil dari kebudayaan utama di Indonesia, yaitu: Aceh, Sumatra Barat, Melayu, Bali, Kalimantan Timur, dan DKI Jakarta. Festival Rexburg Idaho International Music and Dance festival diadakan pada akhir Juli setiap tahunnya, merupakan festival kesenian rakyat terbesar di Amerika Serikat, dan salah satu event utama di Amerika Tengah. Sebanyak 300 penampil dari penjuru dunia hadir dalam festival ini untuk memadati jalan jalan di Amerika dengan kemeriahan kostum, keindahan gerak, dan alunan musik. Selanjutnya tim Bireun Seudati akan melanjutkan keikutsertaan dalam Summerfest, Bountiful di Utah, yang juga meruapakan festival kesenian rakyat Internasional yang mengundang tim kesenian rakyat terbaik dari belahan dunia.
Tampil apik dengan Tari Saman, Indonesia menjadi peserta favorit festival, Donna Bennfield, President festival tersebut menyatakan bahwa tim Indonesia menjadi salah satu tim terbaik dalam sejarah pelaksanaan festival ini. Bireun seudati merupakan tim Indonesia yang untuk pertama kalinya mengikuti kegiatan festival ini. Selama kegiatan berlangsung para peserta tinggal bersama keluarga lokal di Amerika Serikat, untuk berbagi pandangan dan mempelajari kebudayan lokal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar