IOV Indonesia Youth Section

We travel around the globe spread the beauty of equator emerald

Selasa, 07 Oktober 2014

KOMUNITAS TARI FISIP UNIVERSITAS INDONESIA "RADHA SARISHA" di AMERIKA

Festival pertama yang diikuti oleh Tim KTF UI Radha Sarisha yaitu Springville World Folkfest 2014 dimulai sejak tanggal 28 Juli 2014. Hari pertama festival bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri 1435H, sehingga sekitar jam 7 pagi tim menunaikan ibadah shalat Ied sebelum melaksanakan jadwal latihan pertama. Springville World Folkfest 2014 diadakan pada tanggal 28 Juli—3 Agustus 2014 di Springville Art Park dengan panggung terbuka yang dilatarbelakangi pegunungan. Selain tim KTF UI Radha Sarisha dari Indonesia, peserta festival lainnya berasal dari Belgia, Perancis, Polynesia, Australia, Bangladesh, Lithuania, Taiwan, dan Amerika Serikat. Sepanjang festival, tim dari setiap negara mendapatkan waktu penampilan selama maksimal 10 menit. Festival dimulai jam 5 sore setiap harinya. Pada salah satu hari festival, tim KTF UI Radha Sarisha diminta untuk mengajar Tari Saman di kelas Folk Dance Brigham Young University (BYU) di Provo. Tim KTF UI Radha Sarisha selalu mendapat sambutan dan apresiasi meriah disetiap penampilan kami, baik di panggung maupun di universitas.
Festival kedua yang diikuti oleh Tim KTF UI Radha Sarisha adalah Summerfest Dance Festival 2014 di kota Bountiful, Utah. Festival diadakan pada tanggal 4 Agustus—10 Agustus di Bountiful City Park. Selain tim KTF UI Radha Sarisha dari Indonesia, peserta festival lainnya adalah sebagian teman-teman dari festival sebelumnya yaitu Bangladesh, Lithuania, Taiwan, dan Amerika Serikat. Setiap harinya, setiap tim dijadwalkan pada penampilan siang dan malam hari dengan durasi masing-masing penampilan selama 30 menit. Selain panggung besar untuk tarian, festival juga menyediakan panggung yang lebih kecil untuk penampilan musik. Setiap penampilan kami setiap harinya, tim KTF UI Radha Sarisha selalu mendapat tepukan meriah dan standing ovation. Disela-sela waktu penampilan, kami dapat beristirahat atau berjalan-jalan bersama host families. Kota Bountiful dapat dikatakan sebagai kota kecil yang sangat indah dan damai karena disana hanya ada perumahan tanpa gedung tinggi dan tidak dijumpai kemacetan di jalanan.
Festival ketiga yang diikuti oleh Tim KTF UI Radha Sarisha adalah International Days 2014 di kota South Jordan, Utah. Festival diadakan pada tanggal 11 Agustus—17 Agustus 2014. Festival terakhir ini berbeda dengan festival-festival sebelumnya karena panggung pertunjukkan selalu mengambil tempat berbeda setiap harinya, seperti di High School, Middle High School, atau di Pusat Kegiatan Kota. Selain itu, setiap pagi tim KTF UI Radha Sarisha juga selalu mendapat jadwal untuk mengajar tarian di sekolah dasar. Selama workshop di sekolah dasar, secara bergantian tim mengajar Tari Saman dan Tari Gaba-gaba atas permintaan pihak sekolah karena tarian tersebut adalah tari favorit anak-anak. Setelah workshop dipagi hari, tim mengisi penampilan dipanggung utama hampir setiap malam. Di festival terakhir ini, peserta internasional hanyalah tim KTF UI Radha Sarisha dari Indonesia dan tim dari Bangladesh. Pada salah satu hari, tim KTF UI Radha Sarisha mendapat kesempatan untuk menjadi penampil tunggal di International Days 2014 dengan waktu penampilan sepanjang 75 menit. Festival ketiga ini menjadi festival penutup yang menyenangkan karena penampilan tim KTF UI Radha Sarisha selalu ditunggu-tunggu dan mendapat sambutan meriah dari penonton. Selain itu, hal lain yang membedakan festival terakhir ini dari festival sebelumnya adalah adanya Liaison Officer sekaligus Guide dari San Fransisco University yang merupakan mahasiswa/i dengan usia sebaya dengan kami.

1 komentar:

  1. salam hangat dari kami ijin menyimak sahabat dari kami pengrajin jaket kulit

    BalasHapus