IOV Indonesia Youth Section

We travel around the globe spread the beauty of equator emerald

Sabtu, 10 September 2011

Tari Mahasiswa UI Meriahkan Bazar di Houston

Tari Mahasiswa UI Meriahkan Bazar di Houston
By: Indah Winarso



Mahasiswa UI meriahkan rangkaian peringatan Kemerdekaan Indonesia di Houston
ABOUT THE AUTHOR

Indah Winarso
Email:
Click To Contact Author
Sebanyak 30 mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (UI) yang tergabung dalam kelompok tari dan musik tradisional Indonesia, ”Kencana Pradipa”, memukau masyarakat Amerika Serikat (AS) di Houston, Texas, selama empat hari berturut-turut, Rabu–Sabtu (20–23/7).
Kehadiran mereka di Houston adalah untuk mengisi rangkaian kegiatan perayaan HUT ke-66 Kemerdekaan RI yang digelar Konsulat Jenderal RI (KJRI) di Houston. Kencana Pradipa mengawali penampilannya di Wisma Indonesia pada Rabu (20/7), di hadapan sejumlah pengusaha AS dan pejabat Pemerintah Kota Houston yang mengikuti Bisnis Forum.
Kegiatan Bisnis Forum ini digelar KJRI Houston. Penampilan para mahasiswa UI dengan aneka tarian tradisional dan musik mendapat sambutan yang sangat meriah. Pada penampilan kedua, Kamis (21/7), Kencana Pradipa tampil khusus bagi masyarakat Indonesia di Houston dan sekitarnya. Lebih dari 200 penonton memadati Auditorium KJRI Houston, tempat digelarnya pertunjukan.
Melihat antusiasme yang sangat tinggi itu, seusai pertunjukan, Konsul Jenderal RI di Houston, Al Busyra Basnur, secara spontan langsung memandu acara interaktif antara masyarakat dengan penari dan pemain musik itu. Interaktif bahkan berlangsung sekitar 30 menit.
Berbagai ucapan penghargaan dan kekaguman serta pertanyaan disampaikan masyarakat kepada para mahasiswa Fakultas Psikologi UI itu. ”Masyarakat Indonesia di Houston tampak sangat senang menyaksikan pertunjukan seni tari ini dan merasa bangga kebudayaan Indonesia terus dilestarikan dan dipromosikan oleh generasi muda Indonesia sendiri di luar negeri,” kata Busyra.
Pertunjukan ketiga digelar di Hotel Hyatt Regency, Jumat (22/7).Pertunjukan ini digelar khusus bagi consular corps,pejabat pemerintah setempat,rekan kerja, dan Friends of Indonesia. Acara didahului santap malam bersama.Undangan yang hadir ternyata melebihi kapasitas yang disediakan.
KJRI Houston akhirnya harus menambah tempat duduk, dari semula 125 kursi menjadi 200 kursi. Lagi-lagi Kencana Pradipa mendapatkan sambutan dan apresiasi yang sangat meriah. Bahkan pada akhir penampilannya, Kencana Pradipa memperoleh tepuk tangan panjang sambil berdiri (standing ovation) dari para penonton.
Jika biasanya setelah acara pertunjukan seni budaya selesai para tamu langsung meninggalkan ruangan, kali ini penonton tidak mau beranjak. Mereka berkerumun dan berdialog dengan para penari dan pemain musik. Pada Sabtu (23/7), Kencana Pradipa UI menghibur masyarakat Indonesia dalam acara Bazar dan Malam Gembira yang digelar di halaman KJRI Houston.
Acara ini dihadiri lebih dari 2.500 masyarakat Indonesia yang datang dari Houston dan sekitarnya, serta kota-kota lain di Texas seperti Dallas, Austin,dan San Antonio. Mereka menampilkan tari dan musik garapan mereka, antara lain tari Yuspan dari Papua, tari Piring dan Randai dari Sumatera Barat, tari Tor Tor dari Sumatera Utara, tari Jaipong dari Jawa Barat, tari Giringgiring Bambu dari Kalimantan, dan tari Belibis dari Bali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar